100 por cien NBA: De Naismith al Unicornio (Cien x 100) (Spanish Edition)

100 por cien NBA: De Naismith al Unicornio (Cien x 100) (Spanish Edition)

B. Daerah jenis sumando di Minangkabau beserta artinya​

jenis sumando di Minangkabau beserta artinya​

Sumatera Barat merupakan orang-orang yang berdarah Minang, yang mengikuti garis keturunan ibu. Di dalam Minangkabau terdapat berbagai macam budaya, tradisi, sebutan-sebutan bagi kaum dan lain sebagainya. Salah satunya adalah sebutan bagi sumando- sumando di Minangkabau. Sumando artinya  menantu laki-laki yaitu seorang  suami  yang menumpang sementara di rumah istrinya, jadi semua harta adalah milik istri. Sumando mempunyai  berbagai macam sebutan. Sebutan tersebut timbul  karena perilaku dan kebiasaan dari seorang sumando tersebut.

1. Sumando ayam gadang atau bisa dikatakan sumando buruang puyuah, yaitu seorang sumando yang hanya bisa beranak namun tanggung jawab sebagai seorang suami tidak dijalankan atau tidak peduli apa yang terjadi dengan anak dan istrinya. Contohnya tidak mencari nafkah untuk anak istrinya.

2. Sumando langau hijau yaitu seorang sumando yang memiliki kepribadian yang kotor, dia tidak peduli dengan kebersihan dirinya sendiri dan lingkungan.

3. Sumando kacang miang merupakan sumando yang mempunyai sifat yang buruk , yaitu suka menghasut, pemfitnah, dan orang menjadi biang masalah, pengacau, pengharu biru dalam kampuang. Sumando ini adalah orang yang susah melihat orang senang dan senang melihat orang susah.

4. Sumando lapiak buruak adalah sumando yang tidak mau keluar rumah berusaha seperti ke sawah atau pun ke ladang, atau berdagang berniaga untuk nafkah anak dan istrinya.

5. Sumando kutu dapua adalah Urang sumando yang banyak bekerja di rumah daripada di luar, di mana kerjanya seperti memasak, mencuci piring, dan sebagainya. Dengan kata lain, pekerjaannya sudah seperti pekerjaan kaum perempuan.

6. Sumando apak paja adalah sumando yang hanya  untuk diambil tuah keturunan saja. Dia tidak menghiraukan ekonomi di rumah istrinya dan malahan dia diberi uang atau sawah oleh kaum istrinya.

7. Sumando gadang malendo adalah sumando yang bisa merusak sistem keluarga Minang yaitu sumando yang semena-mena meletakkan dirinya sendiri sebagai kepala kaum, dengan kata lain yang mengurus sebuah Acara adalah keluarga laki". Ini menyulitkan kedudukan mamak dan kemenakan di Minangkabau.

8. Sumando niniak mamak adalah Sumando yang jadi suri tauladan dan sangat diharapkan semua orang. Tutur kata dan budi bahasanya yang sangat baik, serta suka membantu kaum keluarga istrinya dan kaum keluarganya sendiri. Rang sumando niniak mamak ini adalah sebenar-benarnya rang sumando. Dia adalah orang sama mengatur barang sesuatu dalam keluarga istrinya dan tidak mengambil hak mamak rumah. Dia mengumpulkan yang berantakan dalam keluarga istrinya. Mangampuangkan nan taserak, manjapuik nan tacicie, mengingatkan mana yang lupa, sehingga dalam kampuang (pasukuan) istrinya itu dia mempunyai paham seperti paham niniak mamak. Keruh menjernihkan, kusut menyelesaikan. Dalam segala hal yang mungkin terjadi, pertimbangannya perlu diminta, dan dia tidak akan ditinggalkan orang dalam tiap-tiap perundingan di kampung(pasukuan) istrinya.

Jadi sebagai seorang laki-laki Minangkabau harus mempunyai sifat dari sumando niniak mamak, agar memiliki hubungan yang harmonis antara mertua dan keluarga dari istri.

Penjelasan:

maaf kalo salah

[answer.2.content]