100 por cien NBA: De Naismith al Unicornio (Cien x 100) (Spanish Edition)

100 por cien NBA: De Naismith al Unicornio (Cien x 100) (Spanish Edition)

Sejarah Uraikanbahwa Perjanjian Renville menjadi penyebab terjadinya Pemberontakan PKI Madiun 1948 dan DI/TII Jawa Barat?​

Uraikanbahwa Perjanjian Renville menjadi penyebab terjadinya Pemberontakan PKI Madiun 1948 dan DI/TII Jawa Barat?​

Jawaban:

Latar Belakang

Perjanjian Renville membuat wilayah RI semakin sempit. Hanya tiga wilayah Indonesia yang diakui Belanda, meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera.

Pemberontakan PKI Madiun 1948

Akibat hasil Perjanjian Renville Kabinet Amir Syarifuddin mendapat moso tidak percaya, akibatnya Kabinet Amir runtuh digantikan Kabinet Hatta.

Amir sakit hati lalu membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) lalu bergabung dengan Musso ke Madiun untuk mendirikan Negara Soviet Republik Indonesia.

Alasan mereka sesuai isi perjanjian Renville wilayah Jawa Timur bukan wilayah RI sehingga terjadi kekosongan kekuasaan dan mereka memanfaatkan hal tersebut untuk membentuk negara baru.

Pemberontakan DI /TII Kartosoewirjo

Sama halnya dengan PKI Madiun, Kartosoewirjo kecewa akan hasil pertandingan Renville, mengganggap Jawa Barat tidak ada yang melindungi karena bukan wilayah RI, Pasukan Siliwangi longmarch ke Yogyakarta sehingga Kartosoewirjo praktis menganggap Jawa Barat juga mengalami kekosongan kekuasaan. Oleh karena itu Kartosoewirjo bersama pengikutnya mendirikan Negara Islam Indonesia

[answer.2.content]